BUKU PANDUAN
PANITIA PERNIKAHAN
<Nama CPW>
Putri Pertama dari Bapak <Bapak CPW> & Ibu <Ibu CPW>
Dengan
<Nama CPP>
Putra Pertama dari Bapak <Bapak CPP> & Ibu <Ibu CPP>
Akad Nikah
<Tanggal>, <jam Akad Nikah>
<Lokasi>
Resepsi
<Tanggal>, <jam Akad Nikah>
<Lokasi>
“Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya diciptakanNya untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikanNya kasih sayang diantara kamu. Sesungguhnya yang demikian menjadi tanda-tanda kebesaranNya bagi orang-orang yang berfikir”
[Q.S. Ar Ruum ayat 21]
“Semoga Allah menghimpun yang terserak dari keduanya, memberkati mereka berdua, dan kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka menjadikannya pembuka pintu rahmat sumber-sumber ilmu dan hikmah serta rasa aman bagi umat”
[do’a Rasulullah SAW pada pernikahan Fatimah Az Zahra dengan Ali bin Abu Thalib]
SUSUNAN PANITIA PELAKSANA & PEMERAN ACARA PERNIKAHAN <nama CPW> DAN <nama CPP>
1 | Pemangku Hajat | | |
| | ||
2 | Besan | | |
| | ||
3 | Calon Pengantin | | |
| | ||
4 | Penasehat | | |
| | ||
| | ||
| | ||
| | ||
5 | Ketua Wakil Ketua I Wakil Ketua II | | |
| | ||
| | ||
6 | Sekretaris I Sekretaris II | | |
| | ||
7 | Bendahara I Bendahara II | | |
| | ||
8 | Koord. Acara Rumah | | |
Pembawa Acara / MC : Pengajian/Siraman/Midodareni/Akad Nikah/ Panggih/Resepsi | | | |
Qori (Akad Nikah) | | | |
PIC Penghulu Nikah | | | |
PIC Perias | | | |
PIC Perlengkapan (Tenda, Kursi, Meja, Karpet, AC Lantai, sound system dll) | | | |
PIC Dekorasi Rumah | | | |
PIC Dokumentasi | | | |
PIC Pengajian | | | |
PIC Siraman | | | |
PIC Konsumsi | | | |
PIC Tambah Daya (Rumah) | | | |
PIC Transportasi | | | |
PIC Akomodasi | | | |
PIC Keamanan | | | |
9 | Koord. Acara Gedung | | |
Pembawa Acara / MC | | | |
Pendamping MC | | | |
PIC Dokumentasi | | | |
PIC Dekorasi Gedung | | | |
PIC Katering Gedung | | | |
PIC Teknik Gedung (Listrik, AC, Sound System) | | | |
PIC Perias | | | |
PIC Keamanan & Supervisi Buku Tamu / Angpow | | | |
PIC Souvenir | | | |
10 | Koord. Penerima Tamu | | |
Penerima Tamu (1) | | | |
Penerima Tamu (2) | | | |
Penerima Tamu (3) | | | |
Penerima Tamu (4) | | | |
Penerima Tamu (5) | | | |
Penerima Tamu (6) | | | |
Penerima Tamu (7) | | | |
Penerima Tamu (8) | | | |
Penerima Tamu (9) | | | |
Penerima Tamu (10) | | | |
Penerima Tamu (11) | | | |
Penerima Tamu (12) | | | |
11 | Koord. Among Tamu | | |
Among Tamu (1) | | | |
Among Tamu (2) | | | |
Among Tamu (3) | | | |
Among Tamu (4) | | | |
Among Tamu (5) | | | |
Among Tamu (6) | | | |
Among Tamu (7) | | | |
Among Tamu (8) | | | |
Among Tamu (9) | | | |
Among Tamu (10) | | | |
Among Tamu (11) | | | |
Among Tamu (12) | | | |
Among Tamu (13) | | | |
Among Tamu (14) | | | |
Among Tamu (15) | | | |
12 | Koord. Chaperone Tamu VVIP | | |
Chap. Tamu VVIP (1) | | | |
Chap. Tamu VVIP (2) | | | |
Chap. Tamu VVIP (3) | | | |
Chap. Tamu VVIP (4) | | | |
Chap. Tamu VVIP (5) | | |
RINCIAN TUGAS PANITIA PELAKSANA
ACARA PERNIKAHAN <CPW> DAN <CPP>
No | Panitia | Tugas |
1 | Penasehat | Memberikan masukan kepada Panitia mengenai tata cara pelaksanaan Upacara Pernikahan |
2 | Ketua Panitia |
|
3 | Wakil Ketua | Perwakilan dari ketua, bila ketua panitia tidak ada maka wakil ketuanya yang menggantikan (Sebaiknya wakil ketua dan Koord Acara Akad Nikah dan Resepsi menjadi jabatan rangkap) |
4 | Sekretaris | |
5 | Bendahara | |
6 | Koord. Acara Pengajian dan Selamatan |
|
7 | Koord. Acara Siraman |
|
8 | Koord. Acara Midodareni |
|
9 | Koord. Acara Akad Nikah |
|
10 | Koord. Acara Resepsi |
|
11 | Pembawa Acara / MC : | Mempimpin jalannya acara |
12 | Pendamping MC | Membantu MC untuk memantau jalannya acara. |
13 | Qori (Akad Nikah) | Membacakan Al Quran pada saat Akad Nikah |
14 | PIC Penghulu Nikah |
|
15 | PIC Perias |
|
16 | PIC Perlengkapan (Tenda, Kursi, Meja, Karpet, AC Lantai, sound system dll) | Persiapan Tenda :
Pengajian :
· Memastikan buku / suvenir pengajian sudah tersedia dan siap dibagikan setelah acara selesai (Koordinasikan dengan PIC Suvenir dan Angpow) · Memastikan Al-Quran yang akan dibaca saat pengajian sudah siap · Dlsbgnya.. Siraman :
Midodareni :
Akad Nikah :
Resepsi
|
17 | PIC Dekorasi Rumah |
|
18 | PIC Dekorasi Gedung |
|
19 | PIC Dokumentasi |
|
20 | PIC Konsumsi Rumah |
|
21 | PIC Konsumsi Gedung |
|
22 | PIC Tambah Daya (Rumah) |
|
23 | PIC Transportasi |
|
24 | PIC Akomodasi | |
25 | PIC Suvenir dan Angpow |
|
26 | PIC Keamanan dan Parkir |
|
27 | PIC Penghubung Pihak CPP |
|
28 | Koord. Penerima Tamu/Penjaga Buku Tamu |
|
| Koord. Among Tamu |
|
30 | Koord. Chaperon Tamu VVIP |
|
SUSUNAN KEGIATAN ACARA PERNIKAHAN
<nama CPW> DAN <nama CPP>
Kamis, <Tanggal>
- jam 09:00 Pasang Tenda dan Persiapan Acara Pengajian, Siraman, Midodareni
dan Akad Nikah
Jum’at, <Tanggal>
- jam 13:00 Pengajian
- Jam 14:00 Pasang Blaketepe dan Tuwuhan
- jam 14:30 Siraman Calon Pengantin Wanita
- jam 15:00 Siraman Calon Pengantin Pria
- jam 19:00 Malam Midodareni
Sabtu, <Tanggal>
- jam 08:00 Akad Nikah
- jam 19:00 Resepsi
Hari/tanggal :
Tempat :
Penanggung Jawab :
Jam :
Busana :
No. | Waktu | Kegiatan | Catatan |
1 | | PLN pasang tambah daya | |
2 | 08.50 | Menyiapkan tumpeng untuk selamatan. | |
3 | 09.00 | Pembukaan upacara slametan yang dihadiri oleh para santri dan pekerja pemasang tarub | |
4 | 09.15 | Slametan dimulai | |
5 | 09.45 | Slametan Selesai | |
6 | 10.00 | · Pemasangan Tenda · Penempatan Kursi Tamu · Dekorasi untuk tempat siraman, pelaminan serta kamar pengantin dikerjakan · Perlengkapan Upacara Adat Siraman, Pasang Blaketepe Disiapkan : o Air untuk siraman disiapkan ditaro kedalam toples, diberi label dan di masukkan ke dalam kulkas · Tempat Katering di siapkan | |
7 | 07.00 | · Tenda selesai dipasang · Kursi Tamu sudah pada tempatnya · Dekorasi Tempat Siraman, Pelaminan Serta Kamar Pengantin Sudah Siap · Perlengkapan Upacara Adat sudah pada tempatnya · Tempat Katering serta dekor catering sudah siap · Penjemputan Juru Rias Pengantin | |
Hari/tanggal :
Tempat :
Jam :
Pakaian :
No. | Waktu | Kegiatan | Catatan |
1 | 06.00 | Penyiapan rumah untuk acara pengajian ibu-ibu sekitar 75 orang. Karpet, sound system, fotokopi bacaan yang mau dibaca, souvenir pengajian | |
2 | 12:30 | · Ibu-ibu pengajian sudah hadir di tempat dan bisa memulai acara pengajian · Disiapkan buku tamu, ballpoint dan tempat souvenir · Buku panduan pengajian dan snack dibagikan | |
3 | 13:00 | Pelaksanaan acara pengajian ibu2, dipimpin oleh ibu <.............>. Air Siraman disiapkan di tempat pengajian. | |
4 | 13:50 | Pembagian cindera mata kepada para ibu-ibu pengajian | |
PASANG BLAKETEPE DAN TUWUHAN
Hari/tanggal :
Tempat :
Penanggung Jawab :
Jam :
Busana :
No. | Waktu | Kegiatan | Catatan |
1 | 14.00 | Pembukaan Acara pasang blaketepe dan tuwuhan | |
2 | 14.05 | Pembacaan Doa | |
3 | 14.10 | Pemasangan blaketepe dan tuwuhan 1. Ibu dan Bapak <orang tua CPW> dengan menggunakan pakaian adat, siap di tempat upacara yang telah ditentukan 2. Bapak <bapak CPW> mulai naik tangga, untuk meletakkan blaketepe diatas atap 3. Setelah Bapak <bapak CPW> berada diatas tangga, ibu <ibu CPW> menyampaikan blaketepe kepada Bapak <bapak CPW> yang kemudian disusul dengan penyampaian bambu 4. Setelah Blaketepe di pasang Bapak dan Ibu <orang tua CPW> melakukan upacara pasang Tuwuhan. 5. Pemasangan Tuwuhan dilakukan didepan pintu masuk rumah | |
Makna Upacara Pasang Blaketepe dan tuwuhan :
Merupakan tradisi membuat ’blaketepe’ atau anyaman daun kelapa untuk dijadikan atap atau peneduh resepsi manton. Tatacara ini mengambil ’wewarah’ atau ajaran Ki Ageng Tarub, salah satu leluhur raja-raja Mataram. Saat mempunyai hajat menikahkan anaknya Dewi Nawangsih dengan Raden Bondan Kejawan, Ki Ageng membuat peneduh dari anyaman daun kelapa. Hal itu dilakukan karena rumah Ki Ageng yang kecil tidak dapay memuat semua tamu, sehingga tamu yang diluar rumah diteduhi dengan payon daun kelapa itu. Dengan diberi ’payon’ itu ruang yang dipergunakan untuk para tamu Agung menjadi luas dan menampung seluruh tamu. Kemudian payon dari daun kelapa itu disebut ’tarub’, berasal dari nama orang uang pertama membuatnya. Tatacara memasang tarub adalah bapak naik tangga sedangkan ibu memgangi tangga sambil membantu memberikan ’blaketepe’ (anyaman daun kepala). Tatacara ini menjadi perlambang gotong royong kedua orang tua yang menjadi pengayom keluarga
Tuwuhan mengandung arti suatu harapan kepada anak uang dijodohkan dapat memperoleh keturunan, untuk melangsungkan sejarah keluarga .
Tuwuhan terdiri dari :
- Pohon pisang raja yang buahnya sudah masak
Maksud dipilih pisang yang sudah masak adalah diharapkan pasangan yang akan menikah telah memiliki pemikiran dewasa atau telah masak. Sedangkan pisang raja mempunyai makna pengharapan agar pasangan yang akan dinikahkan kelak mempunyai kemakmuran, kemuliaan dan kehormatan seperti raja.
- Tebu wulung
Tebu wulung berwarna merah tua sebagai gambaran tuk-ing memanis atau sumber rasa manis. Hal ini melambangkan kehidupan yang serba enak. Sedangkan makna wulung bagi orang Jawa berarti sepuh atau tua. Setelah memasuki jenjang perkawinan, diharapkan kedua mempelai mempunyai jiwa sepuh yang selalu beryindak dengan ’kewicaksanaan’ atau kebijakan
- Cengkir Gadhing
Merupakan simbol dari kandungan tempat jabang bayi atau lambang keturunan
- Daun randu dan pari sewuli
Randu melambangkan sandang, sedangkan pari melambangkan pangan. Sehingga hal itu bermakna agar kedua mempelai selalu tercukupi sandang dan pangannya.
- Godhong apa-apa (bermacam-macam dedaunan)
Seperti daun beringin yang melambangkan pengayoman, rumput alang-alang dengan harapan terbebas dari segala halangan.
Hari/tanggal :
Tempat :
Penanggung Jawab :
Jam :
Busana :
No. | Waktu | Kegiatan | Catatan |
1 | 15.00 | Persiapan Upacara Siraman yaitu : · mencampur air siraman yang meliputi : o Kembang Setaman o Mayang Jambe o Air untuk memandikan (Berasal dari 7 sumber mata air yang berbeda : (1)........... (2).......... (3)............ (4)............ (5)............ (6)................. (7)............) · Siwur · Kain, handuk, kimono yang diletakkan/ditaruh didekat pemandian · Klenting tempat air kembang setaman · Kelapa yang dibelah untuk gayung mandi · Jajan Pasar · Tumpeng Robyong | |
2 | 14.35 | 9 Orang Sesepuh sudah siap di tempat siraman | |
3 | 14.35 | Pengiriman air kembang (Tirto Perwitosari) untuk siraman ke tempat CPP, <alamat CPP> | |
4 | 14.40 | CPW melakukan sungkem kepada Ayah-Ibu, bertempat di pelaminan, dipimpin langsung oleh MC | |
5 | 14.50 | CPW menuju ke tempat siraman untuk melakukan siraman dengan diiringi para pini sepuh dan diapit oleh Bapak dan Ibu <orang tua CPW> | |
6 | 14.55 | Upacara Siraman dipimpin oleh MC diiringi oleh Gending Jawa : Semar Mantu Jalannya Upacara : 1. Dimulai oleh Bapak <bapak CPW> dan dilanjutkan oleh Ibu <ibu CPW> 2. Urut-urutan yang melaksanakan Siraman : a. Bapak/Ibu b. Bapak/Ibu c. Bapak/Ibu d. Bapak/Ibu e. Bapak/Ibu f. Bapak/Ibu g. Bapak/Ibu h. Bapak/Ibu i. Bapak/Ibu 3. Selesai siraman, bapak <bapak CPW> memegang air kendil dan menuangkannya untuk CPW berwudhu. Setelah selesai ibu <ibu CPW> menutup dengan menyiram air klenting, terus klenting dijatuhlan sampai pecah sambil mengucapkan : ”NIAT INGSUN ORA MECAH KENDI, NANGING MECAH PAMORE ANAKKU <nama CPW>” 4. Potong Rikmo | |
7 | 15.10 | Upacara Siraman Selesai, CPW diapit Bapak dan Ibu <orang tua CPW> dan diiringi para pini sepuh menuju kamar pengantin. CPW akan dilakukan potong rikmo, ratus rambut, kerik dan paes | |
8 | 15.15 | Upacara Tanem Rikmo Bapak dan Ibu <orang tua CPW> menanam potongan rambut CPW di tempat yang telah disediakan. [tempat / lokasi tanem rikmo] | |
9 | 15.20 | Pembagian cindera mata kepada para ibu-ibu yang melakukan siraman | |
10 | 15.20 | Persiapan upacara Dodol Dawet | |
11 | 15.30 | UPACARA DODOL DAWET dimulai : 1. Bapak dan Ibu <orang tua CPW> menjual dawet dengan pakaian adat 2. Semua hadirin turut membeli dawet dengan menggunakan uang (kreweng wingko) yang disediakan 3. Penjualan dawet ini ditutup dengan ditandai Bapak <bapak CPW> menyerahkan uang kreweng hasil penjualan dawet kepada Ibu <ibu CPW> untuk di simpan | |
12 | 15.40 | Potong Tumpeng Robyong Bapak <bapak CPW> memotong tumpeng Robyong dan diberikan ke Ibu <ibu CPW> | |
13 | 15.45 | Dulang Pukasan | |
14 | 15.55 | · Pembagian souvenir siraman untuk 9 orang pini sepuh · Makan Sore | |
Makna Siraman dan Jual Dawet :
Siraman dilaksanakan untuk menyucikan diri dan juga membuang segala kejelekan Calon Pengantin yang ada, agar calon pengantin dapat memulai hidup baru dengan hati yang bersih dan suci. Siraman dilakukan oleh 9 orang sesepuh termasuk sang Ayah. Jumlah sembilan tersebut menurut budaya Keraton Surakarta untuk mengenang keluhuran Wali Sanga, yang bermakna manunggalnya Jawa dengan Islam. Selain itu angka sembilan juga bermakna ’babahan hawa sanga’ yang harus dikendalikan.
Jual Dawet diambil makna dari cendol yang berbentuk bundar merupakan lambang kebulatan kehendak orang tua untuk menjodohkan anak. Bagi orang yang akan membeli dawet tersebut harus membayar dengan ’kreweng’ (pecahan genting) bukan dengan uang. Hal itu menunjukkan bahwa kehidupan manusia berasal dari bumi. Yang melayani pembeli adalh ibu sedangkan yang menerima pembayaran adalah bapak. Hal ini mengajarkan kepada anak mereka yang akan menikah tentang bagaimana mencari nafkah sebagai suami istri, harus saling membantu.
PENJELASAN TEKNIS ACARA SIRAMAN
I. Panitia / Petugas :
a. Koodinator :
b. Pengajian :
c. Busana dan Rias Keluarga :
d. Perlengkapan :
e. Perlengkapan Acara Adat :
f. Konsumsi :
g. Penerima Tamu :
1. Mbak/Ibu
2. Mbak/Ibu
3. Mbak/Ibu
4. Mbak/Ibu
h. MC :
i. Dokumentasi :
j. Souvenir :
II. Busana Keluarga :
a. CPW [acara siraman] : Kain untuk pinjungan + kebaya
[acara dulangan] : Kain + kebaya
b. Bapak Bowo Setiadji : Beskap Landung
c. Ibu Bowo Setiadji : Kain + Kebaya
d. Saudara Kandung CPW : Beskap Landung
e. Yang menyirami : Kain + Kebaya
f. Penjemput air siraman : Beskap Landung / kain + kebaya
g. Keluarga Bapak-bapak : Batik
Ibu-ibu : Baju nasional / muslimah
SIRAMAN CALON PENGANTIN PRIA
Hari/tanggal :
Tempat :
Penanggung Jawab :
Jam :
No. | Waktu | Kegiatan | Catatan |
1 | 15.00 1.30 | 9 Orang Sesepuh sudah siap di tempat siraman | |
2 | 15.05 | Penerimaan Air Siraman (Tirto Perwitosari) dari rumah CPW | |
3 | 15.10 | CPP melakukan sungkem kepada Ayah-Ibu | |
4 | 15.20 | CPP menuju ke tempat siraman untuk melakukan siraman dengan diiringi para pini sepuh dan diapit oleh Bapak dan Ibu <orang tua CPP> | |
5 | 15.25 | Jalannya Upacara : 1. Dimulai oleh Bapak <bapak CPP> dan diakhiri oleh Ibu <ibu CPP> 2. Urut-urutan yang melaksanakan Siraman : a. Bapak/Ibu b. Bapak/Ibu c. Bapak/Ibu d. Bapak/Ibu e. Bapak/Ibu f. Bapak/Ibu g. Bapak/Ibu h. Bapak/Ibu i. Bapak/Ibu 3. Selesai siraman, ibu <ibu CPP> menutup dengan menyiram air klenting, terus klenting dijatuhlan sampai pecah sambil mengucapkan : ”WUS PECAH PAMORE ANAKKU” 4. Potong Rikmo | |
MALAM MIDODARENI
Hari/tanggal :
Tempat :
Penanggung Jawab :
Jam :
Busana :
No. | Waktu | Keterangan | Catatan |
1 | 18.00 | Persiapan : · Penerima Tamu · Wakil keluarga · Penataan tempat untuk keluarga CPW & CPP · Teks Catur Wedha · Angsul-angsul dan Kancing Gelung · Nampan dan segelas air putih untuk CPP | |
1 | 18.30 | Pinisepuh, keluarga, tetangga dan semua anggota panitia penyelenggara tiba di kediaman CPW. | |
2 | 19.00 | 1. CPP dan rombongan serta barang seserahan tiba, dipimpin oleh bapak wakil keluarga CPP. 2. CPP dan rombongan dijemput oleh Bapak + Ibu <orang tua CPW> dipintu gerbang 3. Pembukaan dari MC 4. Wakil keluarga CPP menyampaikan maksud dan tujuan 5. Sambutan penerimaan oleh wakil keluarga CPW 6. Penyerahan nampan/seserahan utama dan diletakkan diatas meja, selanjutnya rombongan dipersilakan menuju tempat duduk yang disediakan. 7. Bapak <bapak CPW> secara simbolis membuka tutup nampan utama, kemudian mengangkat serta menyerahkannya kepada pertugas penerima yang telah dipersiapkan. Nampan lainnya diserahkan secara estafet dan dibawa ke kamar pengantin. | |
3 | 19.30 | Tantingan | |
4 | 19.40 | Turunnya Kembar Mayang | |
5 | 19.45 | Wilujengan majemukan dan Santap Malam bersama Para tamu dipersiakan bersantap malam bersama. Sambil menuju ke tempat hidangan, ibu-ibu dan remaja putrid dipersilakan menjenguk CPW di kamar pengantin. Ibu <ibu CPW> memberikan hanya segelas air putih untuk CPP. | |
6 | 21.00 | Pemberian Catur Wedha Bapak <bapak CPW> menyampaikan wejangan kepada calon menantu yaitu berupa empat pedoman hidup, kemudian menyerahkan naskahnya kepada CPP. | |
7 | 21.15 | Penyerahan Kancing Gelung Bapak <bapak CPW> menyerahkan seperangkat busana dan pusaka kepada CPP, sebagai pertanda midodareni selesai. | |
8 | 21.25 | Acara Pamit dan Angsul-Angsul Wakil dari keluarga CPP menyampaikan kata mohon diri. Ibu <ibu CPW> menyerahkan sejumlah nampan berisi oleh-oleh untuk CPP Acara midodareni selesai. | |
Makna Malam Midodareni :
Malam menjelang dilaksanakan ijab dan panggih disebut malam midodareni. Midodareni berasal dari kata widodari. Masyarakat Jawa tradisional percaya bahwa pada malam tersebut, para bidadari dari kayangan akan turun ke bumi dan bertandang ke kediaman calon pengantin wanita, untuk menyempurnakan dan mempercantik pengantin wanita
Prosesi yang dilaksanakan pada malam midodareni :
- Jonggolan
Datanganya calon pengantin pria ke tempat calon mertua. ‘Njonggol’ diartikan sebagai menampakkan diri. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa dirinya dalam keadaan sehat dan selamat, dan hatinya telah mantap untuk menikahi putri mereka. Selama berada di rumah calon pengantin wanita, calon pengantin pria menunggu di beranda dan hanya disuguhi air putih.
- Tantingan
Kedua orangtua mendatangi calon pengantin wanita di dalam kamar, menanyakan kemantapan hatinya untuk berumah tangga. Maka calon pengantin wanita akan menyatakan ikhlas menyerahkan sepenuhnya kepada orangtua, tetapi mengajukan permintaan kepada sang ayah untuk mencarikan ‘kembar mayang’ sebagai syarat perkawinan
- Turunnya Kembar Mayang
Turunnya kembar mayang merupakan saat sepasang kembar mayang dibuat. Kembar mayang ini milik para dewa yang menjadi persyaratan, yaitu sebagai sarana calon pengantin perempuan berumah tangga. Dalam kepercayaan Jawa, kembar mayang hanya dipinjam dari dewa, sehingga apabila sudah selesai dikembalikan lagi ke bumi atau dilabuh melalui air. Dua kembar mayang tersebut dinamakan Dewandaru dan Kalpandaru. Dewandaru mempunyai arti wahyu pengayoman. Maknanya adalah agar pengantin pria dapat memberikan pengayoman lahir batin kepada keluarganya. Sedangkan Kalpandaru, berasal dari kata kalpa yang artinya langgeng dan daru yang berarti wahyu. Maksudnya adalah wahyu kelanggengan, yaitu agar kehidupan rumah tangga dapat abadi selamanya.
- Wilujengan Majemukan
Wilujengan Majemukan adalah silaturahmi antara keluarga calon pengantin pria dan wanita yang bermakna kerelaan kedua pihak untuk saling berbesanan. Selanjutnya ibu calon pengantin wanita menyerahkan angsul-angsul atau oleh-oleh berupa makanan untuk dibawa pulang, orang tua calon pengantin wanita memberikan kepada calon pengantin pria :
· Kancing gelung : seperangkat pakaian untuk dikenakan pada upacara panggih
· Sebuah pusaka berbentuk dhuwung atau keris, yang bermakna untuk melindungi keluarganya kelak.
PENJELASAN TEKNIS ACARA MIDODARENI
I. Koordinator Acara :
II. Pemeran Utama
1. Wakil Keluarga CPW :
2. Wakil Keluarga CPP :
3. Penerima Tamu :
4. Penerima Seserahan :
5. Pembawa Kembar Mayang :
III. Pelaksanan Persiapan
1. Penyiapan CPW :
2. Kancing Gelung :
3. Angsul-angsuk :
4. Teks Catur Wedha :
5. Konsumsi :
6. Busana dan Rias :
7. Dokumentasi :
8. Tata Suara :
9. Keamanan dan perparkiran :
10. Perlengkapan :
IV. Busana
a. CPW : Kain Wahyu Tumurun + Kebaya
b. CPP : Beskap Landung
c. Bapak Bowo Setiadji : Beskap Landung
1. Ibu Bowo Setiadji : Kain + Kebaya
2. Besan : Pakaian adat Aceh
3. Wakil Keluarga CPW : Beskap Landung
4. Wakil Keluarga CPP : Beskap Landung
5. Penerima Seserahan : Busana muslim/nasional
6. Keluarga [bapak-bapak] : Batik
7. Keluarga [ibu-ibu] : Busana muslim/nasional
8. Saudara kandung CPW : Beskap
9. Saudara kandung CPP : Beskap
AKAD NIKAH
Hari/tanggal :
Tempat :
Penanggung Jawab :
Jam :
No. | Waktu | Keterangan | Catatan |
1 | 23.30 | Pemeriksaan dan persiapan akhir kelengkapan untuk acara akad nikah (dilakukan pada malam hari & pagi hari) | |
2 | 04.15 | Menyiapkan kendaraan untuk penjemputan penghulu dan juru rias | |
3 | 04.30 | · Menjemput Juru Rias · Seksi Dokumentasi sudah stand by di kediaman CPW | |
4 | 05.30 | CPW mulai di paes oleh Juru Rias | |
5 | 06.00 | Menjemput Penghulu | |
6 | 06.00 | Penyiapan Peralatan : · Tempat Ijab Kabul disiapkan, dibersihkan dan dirapihkan o Mengatur tempat Ijab Kabul : § Sebuah Meja § Enam buah kursi § Ball Point § Taplak Meja Putih · Dekorasi rumah khususnya tempat ijab kabul dan pelaminan dikerjakan · Sound System · Tempat duduk untuk rombongan CPP, undangan dan keluarga CPW · Setting CCTV · Konsumsi untuk keluarga Pemeran siap · Saksi-saksi · Wakil keluarga CPW dan CPP · Pendamping CPW dan CPP · Penerima tamu · Penjaga buku tamu Persiapan Upacara Panggih : Ubo Rampe telah siap · Sirih 6 gulung · Sarana wiji dadi · Sindur · Sarana Kacar Kucur · Rujak Degan / Kelapa Muda · Pisang Sanggan | |
7 | 06.00 | Panitia dan penerima tamu sudah siap di kediaman CPW. Panitia dan penerima Tamu berhias dan berpakaian dengan pakaian adat Jawa. | |
8 | 07.00 | Dicek kelengkapan dan dipersiapkan : · Meja untuk buku tamu · Buku tamu sebanyak 6(enam) buah · Spidol sudah dicoba (dengan keadaan baik) · Tempat Angpau · Souvenir Terima Kasih | |
9 | 07.30 | Dekorasi rumah, tempat ijab kabul dan pelaminan sudah selesai dan dalam tahap ’final touch’ | |
10 | 08.00 | Utusan dari pihak CPW yaitu Bapak dan Ibu ....... berangkat untuk menjemput CPP | |
11 | 08.00 | · Katering sudah mulai disiapkan · MC sudah siap di tempat · Penerima Tamu sudah siap di tempat | |
12 | 08.15 | · Gamelan mulai dibunyikan · Para saksi, orang tua CPW, dan seluruh keluarga serta panitia siap di tempat masing-masing · Penghulu dan Pegawai KUA tiba dikediaman CPW, terus mengadakan penyelesaian administrasi di kamar CPW bersama dengan Bapak dan Ibu <orang tua CPW> · Tamu-tamu diperkirakan mulai datang, rombongan besan disiapkan kursi-kursi khusus · Rombongan CPP berangkat dari rumah bersama penjemput dari pihak CPW diiringi keluarga CPP | |
13 | 08.25 | MC menyiarkan garis besar acara : · Pemberitahuan acara pokok akad nikah | |
14 | 08.35 | · CPP sampai di kediaman CPW · CPP didampingi dan diapit pini sepuh · Mulai datang sampai ketempat serah terima dihormati dengan Gending | |
15 | 08.40 | UPACARA SERAH TERIMA · Wakil keluarga CPP berdiri dimuka, dibelakangnya adalah CPP diapit pini sepuh · Wakil keluarga CPP menyerahkan CPP · Penyerahan diterima oleh wakil keluarga CPW dan didampingi oleh pini sepuh keluarga CPW | |
16 | 08.50 | Setelah wakil keluarga CPW menerima CPP maka selanjutnya menyerahkan CPP kepada Bapak <bapak CPW> untuk diijabkan | |
17 | 08.55 | · CPP menempati tempat ijab · Sementara mempelai akan menempati tempat ijab, sanggan pethukan langsung diserahkan kepada Ibu <ibu CPW> sebagai pertanda bahwa CPP sudah datang dan akan melaksanakan ijab kabul. | |
18 | 08.55 | UPACARA AKAD NIKAH · CPP duduk dikursi, dan lepas rencong · Bapak <bapak CPW> sebagai wali CPW · Saksi dari kedua belah pihak menempati kursi yang telah disediakan · Pembacaan ayat suci Al Qur’an (surat…) oleh… dan sari tilawah oleh… · Khutbah nikah | |
19 | 09.00 | IJAB KABUL · Mukadimah dari penghulu · Kabul CPP menerima nikahnya dari wali (orang tua CPW) · Pembacaan Taklik · Penandatanganan surat nikah · Pembacaan Doa | |
20 | 09.20 | PENYERAHAN MAS KAWIN · Bapak <bapak CPW> sebagai wali mempelai wanita menerima mas kawin dari mempelai pria · Selanjutnya Bapak <bapak CPW> akan meneruskan kepada Bapak .... untuk diterimakan kepada mempelai wanita · Khutbah dari KUA | |
10 | 09.30 | BEDOL/TUKAR KEMBAR MAYANG · Mendahului upacara panggih, dilakukan penukaran sepasang kembar mayang dari mempelai wanita dengan sepasang kembar mayang dari mempelai pria · Pembawa kembar mayang : · Sepasang kembar mayang dari mempelai wanita dibuat diperempatan jalan yang terdekat · Pada saat membuang sepasang kembar mayang dari putri agar diingat bahwa kedua buah bokor dan 2 buah nanas yang ditacapkan diatas kembar mayang dibawa kembali kerumah pengantin wanita (ke rumah Bapak/Ibu <orang tua CPW>) | |
11 | 09.50 | UPACARA PANGGIH · Persiapan upacara Panggih disiapkan oleh Juru Rias · UPACARA BALANGAN GANTAL : o Dengan digandeng oleh Bapak …. dan Bapak …. Mempelai pria menuju ke tempat panggih temanten, sedang temanten putrid digandeng oleh Ibu ……. Dan Ibu ........ dengan dibimbing oleh ibu Perias juga menuju ketempat panggih. o Bapak dan Ibu <orang tua CPW> kemudian siap berdiri didekat tempat tamu, didekatnya Bokor – Kembar Setaman o Serelah dekat dengan jarak kira-kira 3 meter masing-masing mempelai melempar gantalan · UPACARA MECAH WIJI DADI o Setelah selesai acara Balangan atau Gantalan, masing-masing mempelai maju beberapa langkah saling mendekat. Setelah bertemu, mempelai pria kemudian menginjak Wiji Dadi / Telur Ayam. Mempelai wanita jongkok untuk membasuh kaki mempelai pria dan kemudian dibersihkan dengan handuk yang tersedia o Mempelai pria membantu mempelai wanita berdiri dan membimbingnya berdiri di sisi kirinya. · UPACARA SINDUR BANAYUNG o Kedua mempelai berdiri sejajar, pria di sebelah kanan o Kedua mempelai dikemuli sindur oleh Ibu <ibu CPW>, berjalan menuju ke kursi mempelai, didahului oleh Bapak <bapak CPW> o Ibu <ibu CPW> berjalan dibelakang kedua pengantin sambil merangkul bahu mereka · UPACARA TIMBANGAN o Setelah sampai dikursi, Bapak <bapak CPW> duduk di kursi mempelai. o Kedua mempelai duduk dipangkuan kanan kiri ayahanda mempelai wanita. Mempelai pria di kanan, sedang mempelai putri di sebelah kiri. o Ibu <ibu CPW> berdiri dimuka, sambil bertanya : ”ABOT ENDI PAK ???” o Bapak <bapak CPW> memberi jawaban : ”PADA ABOTE BU” o Selesai dengan acara menimbang putri dan menantunya, ayahanda mempelai wanita berdiri dihadapan kedua mempelai untuk melaksanakan acara nandur, yakni menundukan kedua mempelai diatas pelaminan dengan jalan meletakkan tangan –tangan kiri diatas bahu kiri mempelai putri dan bahu kanan mempelai pria. · KACAR KUCUR atau TOMPO KOYO o Untuk senantiasa mengungatkan, bahwa seorang suami atau Kepala Keluarga sebagai pencari nafkah berkewajiban untuk senantiasa menyerahkan hasil jerih payahnya kepada istrinya untuk menghidupi keluarga, dilambangkan dengan upacara kacar-kucur ini. o Pelaksanaannya, mempelai pria menuangkan kacar-kucur yang terdiri atas kacang, kedele, jagung, gabah, beras kuning, kembang setaman serta uang logam dari yang bernilai kecil sampai yang besar, kepangkuan pengantin putri secara hati-hati tidak boleh ada yang ketinggalan ataupun tercecer. o Pada waktu dilakukan upacara kacar-kucur ini juru rias serta para pini sepuh yang hadir secara serentak mengawali jalannya upacara dengan doa yang berbunyi : ”KACANG KAWAK, DELE KAWAK, JAGUNG KAWAK WONG LIYO DADIO SANAK WONG ADOH DADIO CEDAK NASTITI, NGATI-ATI, WEDI, DADI.” o Guna menuangkan serta menerima kacar-kucur ini, biasanya dipergunakan ”kloso Bongko” ukuran kecil atau kain Bango Tulak o Setelah Guno Koyo ini diterima mempelai wanita selanjutnya diserahkan kepada Ibu Mempelai Putri untuk disimpan baik-baik · UPACARA NGUNJUK RUJAK DEGAN o Bapak <bapak CPW> mulai minum tiga sendok, ibu <ibu CPW> bertanya : ” KEPRIYE RASANE PAK ??? ” o Bapak <bapak CPW> menjawab : ”SEGER SEMIYAH SUMORAMBAH WONG SAK OMAH BU” o Diteruskan ibu <ibu CPW> minum tiga sendok, kemudian mempelai sekalian masing-masing tiga sendok · UPACARA DULANGAN o Kedua mempelai saling suap menyuapi Nasi Punar (Nasi Temanten), sebanyak tiga kali dengan menggunakan tangan (Muluk). o Mempelai pria mendulang mempelai wanita o Mempelai wanita mendulang mempelai pria · BESAN MARTUWI (TILIK PITIK) o Rombongan besan datang martuwi. Oleh Bapak/Ibu <orang tua CPW> di jemput di muka pintu saling bersalaman, Kemudian Bapak/Ibu <orang tua CPP> diantar Bapak/Ibu <orang tua CPW> ke tempat yang telah disediakan o Para keluarga/pengiring diantar ke tempat yang telah disediakan · RASUK KALPIKO : Pemasangan cincin kawin · NGABEKTEN ATAU SUNGKEMAN : o Sungkeman dimulai dengan sungkeman kepada orang tua pengantin wanita, baru kemudian dilanjutkan sungkem kepada orang tua pengantin pria o Pada waktu hendak sungkem keris pengantin pria harus dilepaskan dan baru dikenakan kembali setelah selesai ngabekten o Selop kedua mempelai sewaktu mau sungkeman hendaknya dilepaskan · UPACARA TUMPLAK PUNJEN o Upacara dilakukan dengan menumpahkan punjen (pundi-pundi) yang berisi peralatan tumpak punjen. o Sungkeman dari anak dan menantu, ketika sungkem orangtua memberikan koin, kampil-kampil kecil berisi biji-bijian, beras kuning, empon-empon, bunga sritaman. o Setelah itu punjen yang telah diterima di sawer. · UPACARA BUBAK KAWAH o Petugas memikul bubak kawah menuju tempat pelaminan, pengantin pria dan pengantin wanita memeriksa bubak kawah. o Kemudian bubak kawah dibawa menuju tamu-tamu untuk diperebutkan. | |
12 | 10.35 | Sambutan atas nama keluarga | |
13 | 10.45 | Foto Keluarga beserta Mempelai | |
14 | 10.55 | Pemberian ucapan selamat dilanjutkan dengan makan siang bersama | |
Makna dari Upacara Balangan Gantal :
Mengandung arti suatu peristiwa yang sekilas namun tidak dapat diulangi lagi.
Makna dari Upacara Mecah Wiji Dadi :
Mengandung makna bahwa yang dijodohkan bisa mempunyai keturunan. Wiji Dadi atau telur ayam melambangkan manunggalnya pria dan wanita seperti pecahnya telur berupa putih dan merah. Putih menggambarkan pria dan merah menggambarkan wanita.
Makna dari Sinduran :
Maksudnya kedua orangtua memberikan ‘panjurung donga pangestu’ kepada kedua anaknya.
Makna Upacara Timbangan :
Mengandung makna bahwa antara anak sendiri dengan anak menantu bagi orangtua tidak ada bedanya.
Makna Upacara Minum Kelapa Muda :
Bermakna membersihkan dan menyegarkan tubuh serta jiwa.
Makna Upacara Kacar Kucur :
Merupakan simbol tanggung jawab pengantin pria untuk menafkahi keluarganya.
Makna Upacara Dulangan :
Tata cara ini melambangkan cumbuna atau saling bercumbu rayu dan saling memadu kasih.
Makna Upacara Ngabekten :
Ngabekten merupakan prosesi untuk menunjukkan bakti kedua pengantin kepada orang tuanya.
I. Pemeran Utama
1. Penghulu :
2. Saksi Pihak CPW :
3. Saksi Pihak CPP :
4. Qori :
5. Penyerah CPP :
6. Penerima CPP :
7. Khotbah nikah :
8. Doa :
9. Pengapit CPP :
10. Pengapit CPW :
11. Pembawa kembar mayang :
II. Penjaga Buku Tamu
a. Koordinator :
b. Petugas Buku Tamu :
III. Pembawa Acara :
IV. Penerima Tamu :
V. Petugas
1. Penghubung keluarga CPP :
2. Perlengkapan akad nikah :
3. Penjemput Penghulu :
4. Sistem Tata Suara :
5. Keamanan dan perparkiran :
6. Konsumsi :
7. Perlengkapan upacara panggih :
8. Pemandu jalannya upacara panggih :
VI. Busana
a. Pemangku Hajat
i. Ayah CPW dan CPP :
ii. Ibu CPW dan CPP :
iii. CPW :
iv. CPP :
b. Keluarga :
c. Panitia :
d. Saksi :
VII. Tempat transit CPP dan rombongan :
RESEPSI
Hari/tanggal :
Tempat :
Penanggung Jawab :
Jam :
No. | Waktu | Keterangan | Catatan |
1 | 14.00 | Persiapan Koordinator acara dan panitia mempersiapkan tempat acara :
| |
2 | 14.30 | · Mempelai Wanita beserta Ibu sudah berada di Panti Prajurit untuk berhias dan berpakaian · Juru Rias sudah stand by di gedung · Vendor Dokumentasi sudah stand by di gedung dan mulai menyiapkan peralatannya | |
3 | 15.00 | Pemberangkatan keluarga rombongan mempelai kedua mempelai ke gedung | |
4 | 16.00 | · Mempelai Pria beserta Bapak sudah berada di Panti Prajurit untuk berhias dan berpakaian · Keluarga mempelai, among tamu dan penerima tamu, putri domas, satrio kembar berhias dan berpakaian · Sound System sudah mulai disiapkan | |
5 | 17.30 | · Dekorasi Gedung dan catering sudah siap tinggal pengecekan detil terakhir · Penerima tamu, penjaga buku tamu dan seluruh panitia acara siap bertugas sesuai perannya masing-masing · MC sudah stand by di gedung · Wedding Singer sudah stand by di gedung dan sudah test sound untuk alat musik · Slide Show sudah disiapkan oleh vendor Dokumentasi | |
6 | 18.00 | Pemeriksaan dan persiapan akhir kelengkapan untuk acara resepsi | |
7 | 18.15 | · Foto Studio Kedua Mempelai · Foto Studio Kedua Mempelai dengan kedua orangtua Mempelai · Foto Studio Kedua Mempelai dengan orangtua Mempelai Wanita · Foto Studio Kedua Mempelai dengan orangtua Mempelai pria · Foto Studio Kedua Mempelai dengan orangtua Mempelai Wanita dan saudara kandung mempelai wanita · Foto Studio Kedua Mempelai dengan orangtua Mempelai pria dan saudara kandung mempelai pria · Foto Studio Kedua Mempelai dengan saudara kandung Mempelai | |
8 | 18.30 | Undangan mulai hadir | |
9 | 18.50 | Persiapan Kirab | |
10 | 19.00 | · Kirab Pengantin · Pengantin bersama kedua orang tua menempati pelaminan | |
11 | 19.15 | Pembukaan · Sambutan atas nama keluarga kedua belah pihak · Pembacaan do’a · Pemberian ucapan selamat · Santap Malam bersama · Wedding Singer beraksi | |
12 | 19.30 | Sesi Foto · Foto keluarga · Foto kerabat | |
13 | 21.55 | Penutupan acara | |
14 | 22.00 | Pengantin dan orang tua santap malam | |
Catatan : · Perlu diperhatikan jalur salaman untuk tamu VIP dan VVIP · Menjelang acara resepsi selesai (tamu-tamu sudah menurun frekuensi kedatangannya) kotak angpao agar diperhatikan. Dikumpulkan disatu tempat dan diamankan. · Perlu diperhatikan penjagaan rumah saat acara dilakukan di Gedung. · Ruang rias yang tersedia: o satu ruang rias khusus mempelai dan keluarga mempelai o satu ruang rias khusus panitia wanita o satu ruang rias khusus panitia pria |
PENJELASAN TEKNIS ACARA RESEPSI
I. Rombongan Pengantin terdiri (sesuai urutan)
1. Satrio Kembar
2. Kedua Pengantin
3. Ibu dari kedua pengantin
4. Ayah dari kedua pengantin
5. Saudara kandung pengantin
II. Petugas Rombongan Pengantin
1. Satrio Kembar :
III. Panitia
a. Koordinator Resepsi :
b. Koordinator Penerima dan Among Tamu :
c. Host / Among Tamu
i. Bapak/Ibu
ii. Bapak/Ibu
iii. Bapak/Ibu
iv. Bapak/Ibu
v. Bapak/Ibu
d. Penerima Tamu
i. Bapak/Ibu
ii. Bapak/Ibu
iii. Bapak/Ibu
iv. Bapak/Ibu
v. Bapak/Ibu
vi. Bapak/Ibu
vii. Bapak/Ibu
viii. Bapak/Ibu
e. Penanggung jawab buku tamu
i. Bapak/Ibu
ii. Bapak/Ibu
f. Petugas buku tamu
i. Mbak/Ibu
ii. Mbak/Ibu
iii. Mbak/Ibu
iv. Mbak/Ibu
v. Mbak/Ibu
vi. Mbak/Ibu
g. Penanggung jawab kado/souvenir :
h. Petugas kotak Angpou
i. Bapak
ii. Bapak
iii. Bapak
iv. Bapak
v. Bapak
i. Penanggung jawab Dokumentasi :
j. Penanggung jawab Konsumsi :
k. Chaperone Tamu VVIP
i. Bapak/Ibu
ii. Bapak/Ibu
iii. Bapak/Ibu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar